Cara Mengatasi Anak Sulit Tidur

Posted by Diana Yusuf on Saturday, November 6, 2010

Cara Mengatasi Anak Sulit Tidur, Pernah saya coba agar tidur siang hanya sekali. Akan tetapi, tetap saja ia tidur malam lewat pukul 09.00 malam. Padahal semua sudah saya lakukan, misalnya meredupkan lampu kamar, mengganti baju dengan pakaian tidur, dan memijat lembut. Pertanyaannya, bagaimana cara agar si anak bisa tidur di bawah pukul 09.00 malam?

Mengenai pemberian ASI, sebaiknya konsultasikan ke rumah sakit terdekat, ke dokter bagian laktasi. Mengapa si kecil akhir-akhir ini lebih sulit tidur malam, lasak, kurang nyenyak, suka mengigau? Entah apa penyebabnya. Namun, menurut dugaan saya, puting yang terluka bisa mengganggu kenyamanan anak saat minum ASI, sehingga membuat anak resah dan hal ini memengaruhi keadaan tidurnya. Oleh karena itu, usahakan untuk segera mengatasi pemberian ASI dengan konsultasi ke bagian Laktasi.


Selain itu, ibu perlu melakukan pengamatan setidaknya seminggu lamanya, bagaimana keadaan anak sejak pagi hari sampai menjelang tidur. Dengan siapa dia bermain, apa saja kegiatannya, apakah hampir setiap hari dia suka mengigau, apakah ada perubahan suasana di rumah?

Kalau ada sesuatu yang mencurigakan, segera ambil tindakan, misalnya pengasuh yang sering mengancam, ada anggota yang suka mengganggu anak, dan lain-lain. Sementara ini usahakan agar ketika menjelang tidur malam, lakukan kegiatan yang tenang, misalnya sama-sama membuka buku untuk ditunjukkan gambar-gambarnya sambil menyebutkan nama gambar, atau ajak dia bermain dengan boneka dan buat percakapan antarboneka, skelipun dia belum bisa berbicara.

Nyanyikan lagu-lagu yang menenangkan untuk pengantar tidur anak. Pada jam yang ditentukan, ajak anak memejamkan mata, sambil diceritakan dan peluk anak sejenak agar dia merasa aman dan nyaman. Apabila usaha sudah dilakukan secara maksimal tetapi belum juga membuahkan hasil, konsultasikan masalah ini dengan psikolog anak yang ada di kota Anda.

Waktu tidur perlu diatur kembali, usahakan satu kali tidur siang, sebab kalau tidur siang terlalu lama, maka malam hari hilang kantuknya. Mengatur jadwal tidur perlu dilakuakn beberapa hari/minggu berturut-turut, tidak bisa hanya satu dua kali akan berhasil sebab tubuh butuh perlu menyesuaikan diri kemabali sambil dicapai keadaan seimbang.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment